UMU Online-Menindaklanjuti amanah yang tertuang dalam pedoman kerjasama, standar kerjasama FIPH serta rapat-rapat terkait peningkatan jumlah kerjasama dan kualitas hasil kerjasama, maka Dekan FIPH beserta jajarannya melakukan berbagai pertemuan dengan sejumlah pihak diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas LHK Kota Baubau, bapak Maaruji,S.Pd.,M.Pd. dan Radio Republik Indonesia (RRI) Cabang Baubau yang diwakili oleh ibu Winda selaku Koordinator RRI Cabang Baubau. (Baubau, 02/08/2024, pukul 09.40-10.20 Wita).

Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau beralamat di Jl. Hakab Dayanu Ikhsanuddin No 68, Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio Kota Baubau, sedangkan RRI Cabang Baubau beralamat di Jalan Limbowolio, Kelurahan Tanganapada, Kecamatan Murhum, Kota Baubau.

Kerjasama FIPH UMU Buton dengan pemerintah daerah atau lembaga eksternal lainnya pada prinsipnya dikembangkan untuk mempercepat pelayanan Tridarma Perguruan Tinggi. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memperbaiki pengelolaan sumber daya dan sarana pelayanan, alih teknologi, memperluas layanan, meningkatkan efisiensi dan mutu pelayanan, serta memacu dinamika sosial masyarakat, dan atmosfir akademik.

Di dalam pertemuan FIPH dengan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau terlihat penyambutan dengan ramah dan proses diskusi yang cukup hangat dari Sekdin sehingga pesan yang disampaikan oleh dosen-dosen FIPH dapat dipahami oleh Sekdin.

Pertemuan tersebut membahas diantara rencana kerjasama yang akan tertuang dalam berupa MoU dan MoA, melakukan kajian naskah akademik tentang efektivitas pengelolaan sampah, menghadirkan pihak ke-3 sebagai investor dalam pengelolaan sampah secara professional, transparan dan akuntabel, pendirian koperasi sampah bagi masyarakat tiap-tiap kelurahan, penanganan sampah yang dilakukan oleh warga secara maksimal sehingga mengurangi beban kerja dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau, serta berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau.

Selanjutkan para dosen FIPH melakukan pertemuan dengan ibu Winda selaku Koordinator RRI Baubau, pada pertemuan ini dilakukan penjajakan atau penelusuran berbagai tantangan, dan hambatan yang dialami oleh RRI Cabang Baubau dan melakukan sharing pengalaman baik FIPH UMU Buton maupun RRI Cabang Baubau, hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi kedua belah pihak dalam rencana kerjasama penyiaran konten-konten yang dimiliki oleh FIPH UMU Buton dengan menggandeng RRI Cabang Baubau sebagai mitra dalam mengembangkan siaran yang bersifat edukatif, inspiratif dan inovatif bagi masyarakat di wilayah Kepulauan Buton.

Oleh : Darmin Hasirun.

Editor : Humas UMU Buton, Muhamad Firman Syah

Jl. Betoambari No. 146, Kel. Bone-bone, KEc. Batupoaro, Kota Baubau-Sulawesi Tengggara

humas@umubuton.ac.id

Leave a Comment